durian musangking dan cara membudidayakan nya

durian musangking

Durian musangking– Cara budidaya durian musangking sebenarnya sangatlah mudah dan tidak sulit seperti yang kita bayangkan.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat Anda ingin membudidayakan atau menanam durian musang king seperti pemilihan bibit tanaman, proses penanaman, dan pemeliharaan/perawatannya. Dalam hal pemilihan bibit tanaman Anda mesti benar-benar jeli/cermat sebab pemilihan bibit yang akan ditanam nanti berpengaruh pada hasil produksi tanaman durian kelak.

Untuk masalah penanaman ini hal-hal yang penting diperhatikan ialah jarak tanam, lantaran durian adalah tanaman tahunan sehingga butuh jarak tanam yang cukup supaya kelak tanaman dan buahnya bisa tumbuh optimal. Adapun jarak tanam durian musang king yang efektif adalah minimal 8 x 8 m atau 10 x 10 m.

Sementara itu untuk perawatan yang mesti diperhatikan ialah perawatan tanaman ketika masih kecil/muda sebab pada waktu itu tanaman masih dalam tahap melakukan penyesuaian/adaptasi sehingga bila tidak dirawat dengan tepat maka kemungkinan besar tanaman tidak bisa tumbuh dengan optimal.

bibit durian musang king

Durian musangking ini sendiri dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000 meter diatas permukaan laut dan suhu panas 30-35c. Pertumbuhan yang cukup baik adalah daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi dengan tekstur tanah yang subur dan gembur, dengan kedalaman air tanah tidak lebih dari 1 meter. Durian ini dapat mulai berproduksi dalam masa 3-5 tahun. Berikut ini beberapa tips sederhana tentang cara menanam durian musangking Agar berhasil:

1. Menyiapkan lahan

Siapkan lahan yang akan ditanam pohon durian. Bersihkan lahan dari rumput liar atau gulma, sehingga bibit yang baru ditanam dapat tumbuh maksimal serta mendapat sinar matahari secara penuh.

2. Membuat lubang tanam

Setelah itu anda buat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm jika bibit durian memiliki ketinggian 1 meter. Jika bibit lebih dari 1 meter atau kurang, anda bisa sesuaikan sendiri ukurannya. Setelah selesai membuat lubang tanam, terlebih dahulu diamkan selama 2 sampai 3 hari agar lubang tanam terhindar dari bakteri.

3. Memberikan pupuk dasar

Sebelum anda menanam bibit durian, anda bisa juga memberikan pupuk dasar terlebih dahulu pada lubang tanam, pupuk dasar yang bagus untuk menanam durian ini bisa bermacam-macam. Jika anda menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk dasar, sebaiknya pilih yang sudah jadi atau kering, kemudian diamkan sekitar 1-2 hari sebelum ditanam.

4. Menyiapkan bibit

Pilihlah bibit durian musangking dengan benar-benar teliti. Memilih bibit durian musang king harus teliti agar nantinya kita tidak kecewa dengan hasil buah durian ini. Bibit unggul durian musang king bisa di dapatkan di Sini

5. Menanam bibit

Setelah lubang tanam diberi pupuk dasar dan sudah di diamkan sekitar 2-3 hari, barulah anda tanamkan bibit pohon pada lubang tanam. Cara menanam bibit durian ini tidak ada bedanya dengan menanam bibit lain, jika bibit berasal dari polybag, maka buka plastik polybag dengan hati-hati jangan sampai tanahnya pecah atau hancur, lalu buang plastik polybag agar bibit dapat tumbuh dengan baik. Setelah menempatkan posisi yang pas, lalu timbun dengan tanah bercampur pupuk kandang yang sudah diaduk-aduk. Akan lebih baik jika permukaan tanah diberi jerami padi agar kandungan kompos semakin bagus.

6. Merawat tanaman – Budidaya Durian Musang King

Langkah terakhir adalah merawat bibit durian musangking yang baru ditanam dengan rajin menyiram dan memupuknya. Pupuklah dengan pupuk organik setiap bulan untuk mempercepat pertumbuhan.

Untuk mendapatkan informasi Bibit Durian Musangking , baik ukuran dan harganya silahkan klik di sini

tag: Budidaya Durian, Budidaya Durian Musangking, Budidaya Durian Musang King, Cara Budidaya Durian Musang King, Cara Budidaya Durian MusangKing, Budidaya Durian Musang King, Cara Budidaya Durian Musang King, Bagaimana Budidaya Durian Musang King

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *